RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : ……..
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA)
Kelas
/ Semester : IV / 1
Materi
Pokok : Benda
Alokasi
Waktu : 4 X 35 menit ( 2 X
pertemuan)
MODEL
PEMBELAJARAN
v
Pembelajaran Kooperatif Learning
PENDEKATAN
v
Pendekatan kontekstual.
STRATEGI
v
Strategi pembelajaran deduktif.
METODE
v
Ceramah,
diskusi, kerja kelompok, pemberian tugas
Standar Kompetensi :
6. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda
serta berbagai cara penggunaan benda
berdasarkan
sifatnya.
Kompetensi Dasar :
6.1 Mengidentifikasi sifat benda padat,cair dan gas.
Indikator :
6.1.1 Menyebutkan sifat-sifat benda padat,cair dan gas
6.1.2 Mendeskripsikan benda dapat melarutkan
benda lain
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
1.
Siswa mampu menjelaskan dan menyimpulkan tentang sifat
benda padat,cair dan gas.
2.
Siswa dapat mendeskripsikan arti larutan dan pelarut
dengan melakukan percobaan melarutkan benda padat dalam benda cair.
II. MATERI PEMBELAJARAN :
Benda dan Sifatnya
Di lingkungan sekitar kita ada
banyak sekali benda.benda-benda di alam digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu
benda padat,cair dan gas. Setiap jenis benda mempunyai sifat yang dapat
membedakannya dengan jenis benda lain.
Persamaan sifat benda padat,cair dan gas adalah memiliki berat.
Bagaimana mengetahui bahwa benda gas memiliki berat? Nah kamu dapat
mengetahuinya dengan menimbangbalon yang kempes dan balon yang mengembang. Mana
yang lebih berat?
Persamaan sifat benda padat, cair
dan gas yang lain adalah menempati ruang. Artinya, semua jenis benda
membutuhkan ruang. Semua benda mempunyai ukuran isi atau volume.
A.
Sifat Benda Padat
1.
Bentuk benda padat tetap, tidak mengikuti bentuk
wadahnya
Kacang goreng yang ada di dalam stoples sama bentuknya dengan kacang
goreng dipiring.bola di dalam keranjang tidak berubah bentuk jika diletakkan di
lantai. Demikian juga pensil,penghapus
dan plastisin tidak berubah bentuk jika dimasukkan ke kotak pensil. Hal ini
berarti bentuk benda padat tetap tidak mengikuti bentuk wadahnya. Benda padat
tetap atau tidak berubah bentuk jika tidak ada perlakuan tertentu.
2.
Bentuk benda padat dapat diubah dengan perlakuan
tertentu
Dalam hidupan sehari-hari, kamu sering menyaksikan bentuk benda padat
berubah.misalnya,piring yang jatuh pecah berserakan, kertas sobek dan kacang
tanah hancur setelah digerus. Jika plastisin ditekan, maka bentuk plastisin
berubah.begitu pula, bentuk pensil yang kamu raut. Jadi bentuk benda padat
dapat diubah jika benda padat itu mendapatkan perlakuan tertentu, misalnya ditekan,
didorong, atau dipotong.
Selain sifat-sifat benda padat di atas, benda padat juga memiliki
sifat-sifat lain yang dapat diamati, yaitu :
1.
benda padat ada yang keras dan berat, misalnya kayu,
besi dan batu.
2.
benda padat ada yang ringan, misalnya batu apung,
kapas, kain , gabus dan sebagainya.
3.
benda padat ada yang lentur,misalnya karet, per, dan
kasur busa.
4.
benda padat ada yang lunak atau lembek, misalnya plastisin, adonan terigu, kue dodol dan lain sebagainya.
B.
Sifat Benda Cair
1.
Bentuk benda cair tidak tetap,selalu mengikuti bentuk
wadahnya
Bentuk benda cair dapat berubah, misalnya bentuk minyak goreng dalambotol
berubah jika dituang ke penggorengan. Demikian pula jika air dituang ke botol,
ke gelas maka bentuknya seperti botol dan gelas. Hal ini berarti bentuk benda
cair tidak tetap karena selalu mengikuti bentuk wadahnya.
2.
Bentuk permukaan benda cair yang tenang selalu datar
Permukaan benda tenang berbeda dengan benda cair yang bergelombang. Kamu
mudah mengamati bentuk permukaan benda cair jika diamati dalam wadah tembus
pandang. Terlihat bahwa walaupun wadahnya dimiringkan, permukaan benda cair
yang tenang tetap datar.
3.
Benda cairmengalir ke tempat lebih rendah
Perhatikan aliran air di sekitarrumahmu,misalnya selokan,sungai atau atap
rumah saat turun hujan. Air hujan jatuh ke atas rumah mengalir dari genteng ke talang dari situ air mengalir ke selokan dan
akhirnya ke sungai. hal ini menunjukkan bahwa air mengalir dari tempat yang
tinggi ke rendah
4.
Benda cair menekan ke segala arah
Air memilili tekanan, semakin dalam tekanan air pada tempat itu semakin
besar. Hal itu dapat dibuktikan dengan pancaran air.pancaran air dari tempat
lebih dalam tampak lebih jauh.
5.
Benda cair meresap melalui celah-celah kecil
Berbagai peristiwa meresapnya benda cair melalui celah-celah kecil
terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Peristiwa ini disebut kapilaritas.misalnya
minyak tanah meresap pada sumbu kompor atau sumbu lampu tempel.
C.
Sifat Benda Gas
1.
Bentuk benda gas tidak tetap
Udara merupakan benda gas yang tidak bias bisa dilihat oleh mata, padahal
udara itu ada di sekitar kita. Gayung atau kosong tidak dapat dibenamkan dengan
cara menelungkupke dalam air. Sesungguhnya di dalam benda-benda itu terdapat
udara. Air tidak dapat mengisi seluruh ruang dalam benda karena udara menghalangi
masuknya air.
2.
Benda gas menekan ke segala arah
Kamu tahu bahwa balon dan kantong plastik mengembang ke seluruh bagian
jika ditiup. Hal ini menunjukkan bahwa udara menekan ke segala arah.
D.
Benda Dapat Melarutkan Benda Lain.
Benda padat yang diaduk dalam segelas air ada yang
larut dan ada yang tidak larut. Benda yang dapat larut antara lain gula pasir,
garam, kecap sirup dan lain-lain. Misal gula pasir dalam air membentuk larutan
gula. Larutan adalah campuran dua atau lebih benda yang serba sama. Serba sama
berarti dalam seluruh larutan terdiri dari bagian yang sama.saatgula
benar-benar larut dalamair, kamu dapat mencicipi rasa manis di semua bagian
larutan gula.jika didiamkan larutan tidak menghasilkan endapan.
Gula pasir dalam larutan gula disebutbenda terlarut
yaitu benda yang dilarutkan benda lain. Air dalam larutan gula itu disebut
pelarut yaitu benda yang melarutkan benda lain.
Benda yang tidak dapatlarut dalam air antara lain
kelereng, pasir,batu dan lain-lain. Misalkan pasir diaduk dalam air tidak akan
larut. Pasir akan mengendap di dasar air.ini berarti pasir tidak dapat dilarutkan oleh air.
III.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Ø
Pertemuan I
A. Kegiatan
pendahuluan (10 menit)
1. Menyiapkan secara fisik dan psikis
v
Dinohon agar para siswa merapikan pakaian dan tempat duduknya
kembali sebelum melaksanakan pembelajaran
v Salah satu siswa dimohon
menyiapkan teman-temannya untuk diajak
berdoa
bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
v Guru melakukan persensi siswa.
2. Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan appersepsi
v Siswa diberikan
petanyaan apersepsi mengenai sifat-sifat benda yang ditemui pada kehidupan sehari-hari
v Guru menjelaskan kepada siswa materi yang akan
dipelajari hari ini.
B.
Kegiatan Inti (40 menit)
1.
Eksplorasi
a.
Melibatkan siswa mencari informasi tentang topik / tema secara luas
v Guru mengajukan beberapa
pertanyaan yang berkaitan dengan materi sifat-sifat benda
v Siswa diminta untuk
menjelaskan gambar-gambar tentang sifat-sifat benda.
b.
Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran,
dan
sumber lain
v Secara berkelompok,
siswa diminta untuk memperhatikan gambar yang
sudah dipersiapkan oleh guru yang berkaitan dengan materi.misalnya air
sungai mengalir dari hulu ke hilir.
c. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta didik serta antar peserta didik dengan guru, lingkungan dan sumber
belajar lainnya.
v
Guru meminta setiap kelompok menyebutkan sifat-sifat benda
padat,cair dan gas secara bergantian.
d.
Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
v Siswa diberikan kesempatan
untuk memberikan pendapatnya terhadap materi yang didiskusikan dan mengajukan
pertanyaan tentang materi yang kurang dipahami.
2.
Elaborasi
a. Membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam
v Siswa dapat
menyimpulkan dan menuliskan sifat-sifat
benda sesuai dengan jenisnya
b. Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain.
v Siswa diminta membentuk
kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 anggota
v
Guru menyuruh kepada siswa untuk mengatur tempat
duduknya (melingkar) sesuai dengan urutan kelompoknya.
v
Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan
c. Memberi
kesempatan berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak
v Siswa dipersilahkan
untuk berdiskusi dengan kelompoknya tentang sifat-sifat benda sesuai dengan
jenisnya disertai dengan contohnya. Kemudian guru mengamati keaktifan siswa
dalam kerja kelompok (lembar pengamatan terlampir).
d.
Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
v Siswa diminta untuk
selalu bekerja sama antar sesama anggota kelompok sesuai dengan tugas yang
diberikan.
e.
Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat
v Siswa diminta untuk
bersifat sportif, tidak mengganggu kelompok lain saat pengerjaan tugas.
f.
Memfasilitasi siswa menyajikan hasil kerja secara individu / kelompok
v Setiap kelompok, siswa
diminta maju ke depan kelas untuk mempresentasikan hasil kerjanya,sesuai dengan
tugas yang telah diberikan.
v Kelompok lain diminta
untuk mengajukan pertanyaan , kritikan atau saran.
g.
Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi baik individu / kelompok
v Secara kelompok siswa
diminta membuat laporan kesimpulan tentang sifat-sifat benda sesuai dengan
jenisnya.
h.
Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menimbulkan kebahagiaan dan
percaya diri
v Guru memberi motivasi
pada siswa agar bangga dan selalu percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki.
v Guru memberi motivasi siswa
agar percaya diri untuk menyampaikan pendapatnya dalam kelompok.
3.
Konfirmasi
a.
Memberikan umpan balik dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, hadiah atas
keberhasilan siswa.
v Guru memberikan ucapan
selamat kepada kelompok yang berhasil
memperoleh nilai paling tinggi dalam kegiatan diskusi kelompok lain dan
memberi semangat pada kelompok lain yang nilainya belum maksimal.
b.
Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa
v Guru dan siswa sama –
sama menegaskan dan menyimpulkan tentang sifat-sifat benda padat,cair dan gas,
kemudian menyebutkan contoh-contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
c.
Memfasiliatasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar yang dilakukan
v Guru memberi pertanyaan
kepada siswa, mengapa kelompok...hasilnya baik dan kelompok...hasilnya kurang
baik. kemudian siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan penyebabnya, sehingga
kelompok yang kurang baik dapat memperbaiki kekurangannya pada pembelajaran
yang berikutnya.
v Siswa diminta memberi
pendapat tetntang proses pembelajaran yang telah dilakukan. Apa sajakah
kekurangan dari pembelajaran tersebut sehingga guru dapat menginstrospeksi
proses pembelajaran agar lebih baik lagi pada pengajaran yang berikutnya.
d. Memfasilitasi
siswa memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
v Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal – hal yang belum dipahami
v Siswa diberi motivasi
agar tidak pasif dan lebih percaya diri dalam mengungkapkan pendapatnya pada
kegiatan belajar mengajar.
C. Kegiatan
Penutup ( 20 menit )
1. Bersama – sama dengan siswa /
sendiri membuat rangkuman
v Guru bersama – sama
dengan siswa membuat rangkuman tentang sifat-sifat benda padat,cair dan gas,
kemudian menyebutkan contoh-contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Melakukan
penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
v Siswa mengerjakan soal evaluasi
3.
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
v Guru menganalisis hasil
evaluasi sebagai umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4.
Merencanakan tindak lanjut dalam kegiatan remidi, perbaikan, pengayaan,
memberikan tugas individu / sesuai hasil belajar siswa
v Bagi siswa yang belum
mencapai KKM wajib mengikuti perbaikan, sedangkan bagi siswa yang sudah
mencapai KKM mengerjakan pengayaan.
5. Guru menginformasikan bahwa materi pelajaran minggu
depan adalah Perubahan Wujud Benda.
Ø
Pertemuan II
A. Kegiatan
pendahuluan (10 menit)
1. Menyiapkan secara fisik dan psikis
v
Dinohon agar para siswa merapikan pakaian dan tempat duduknya
kembali sebelum melaksanakan pembelajaran
v Salah satu siswa dimohon
menyiapkan teman-temannya untuk diajak
berdoa
bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
v Guru melakukan persensi siswa.
2. Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan appersepsi
v Siswa diberikan
petanyaan apersepsi :
Siapa yang pernah membuat teh manis?
v Guru menjelaskan kepada
siswa materi yang akan dipelajari hari ini adalah benda dapat melarutkan benda
lain.
B.
Kegiatan Inti (40 menit)
1.
Eksplorasi
a.
Melibatkan siswa mencari informasi tentang topik / tema secara luas
v Guru menunjukkan segelas air
yang berubah warnanya setelah diberi gula pasir yang diaduk-aduk, lalu guru
bertanya kepada siswa “apa yang terjadi
pada gula pasir? Mengapa keadaan air seperti itu?”
v Siswa diminta untuk berdiskusi
dengan teman sebangku dan menjelaskan apa yang terjadi pada gula pasir.
b.
Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran,
dan
sumber lain
v Secara berkelompok,
siswa diminta untuk melakukan percobaan berkaitan dengan materi.
c.
Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
v Siswa diberikan kesempatan
untuk memberikan pendapatnya terhadap materi yang didiskusikan dan mengajukan
pertanyaan tentang materi yang kurang dipahami.
2.
Elaborasi
a. Membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam
v Siswa dapat menulis
benda apa saja yang larut dalam air dan benda apa saja yang tidak larut dalam
air.
b. Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain.
v Siswa diminta membentuk kelompok kecil
yang terdiri dari 3-4 anggota
v
Guru menyuruh kepada siswa untuk mengatur tempat
duduknya (melingkar) sesuai dengan urutan kelompoknya.
v
Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan(LKS
terlampir)
c. Memberi
kesempatan berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak
v Siswa dipersilahkan
untuk berdiskusi dengan kelompoknya tentang benda yang larut dan tidak larut
dalam air melalui percobaan. Kemudian guru mengamati keaktifan siswa dalam
kerja kelompok (lembar pengamatan terlampir).
d.
Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
v Siswa diminta untuk
selalu bekerja sama antar sesama anggota kelompok sesuai dengan tugas yang
diberikan.
e.
Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat
v Siswa diminta untuk
bersifat sportif, tidak mengganggu kelompok lain saat pengerjaan tugas.
f.
Memfasilitasi siswa menyajikan hasil kerja secara individu / kelompok
v Setiap kelompok, siswa
diminta maju ke depan kelas untuk mempresentasikan hasil kerjanya,sesuai dengan
tugas yang telah diberikan.
v Kelompok lain diminta
untuk mengajukan pertanyaan , kritikan atau saran.
g.
Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi baik individu / kelompok
v Secara kelompok siswa
diminta membuat laporan kesimpulan tentang arti larutan dan pelarut, serta
contoh bendanya.
h.
Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menimbulkan kebahagiaan dan
percaya diri
v Guru memberi motivasi
pada siswa agar bangga dan selalu percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki.
v Guru memberi motivasi
siswa agar percaya diri untuk menyampaikan pendapatnya dalam kelompok.
3.
Konfirmasi
a.
Memberikan umpan balik dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, hadiah atas
keberhasilan siswa.
v Guru memberikan ucapan
selamat kepada kelompok yang berhasil
memperoleh nilai paling tinggi dalam kegiatan diskusi kelompok lain dan
memberi semangat pada kelompok lain yang nilainya belum maksimal.
b.
Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa
v Guru dan siswa sama –
sama menegaskan dan menyimpulkan tentang pelarut dan larutan, kemudian
menyebutkan contoh-contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
c.
Memfasiliatasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar yang dilakukan
v Guru memberi pertanyaan
kepada siswa, mengapa kelompok...hasilnya baik dan kelompok...hasilnya kurang
baik. kemudian siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan penyebabnya, sehingga
kelompok yang kurang baik dapat memperbaiki kekurangannya pada pembelajaran
yang berikutnya.
v Siswa diminta memberi
pendapat tetntang proses pembelajaran yang telah dilakukan. Apa sajakah
kekurangan dari pembelajaran tersebut sehingga guru dapat menginstrospeksi
proses pembelajaran agar lebih baik lagi pada pengajaran yang berikutnya.
d. Memfasilitasi siswa
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
v Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal – hal yang belum dipahami
v Siswa diberi motivasi
agar tidak pasif dan lebih percaya diri dalam mengungkapkan pendapatnya pada
kegiatan belajar mengajar.
C. Kegiatan
Penutup ( 20 menit )
1. Bersama – sama dengan siswa /
sendiri membuat rangkuman
v Guru bersama – sama
dengan siswa membuat rangkuman tentang pelarut dan larutan, kemudian
menyebutkan contoh-contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Melakukan
penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
v Siswa mengerjakan soal evaluasi
3.
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
v Guru menganalisis hasil
evaluasi sebagai umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4.
Merencanakan tindak lanjut dalam kegiatan remidi, perbaikan, pengayaan,
memberikan tugas individu / sesuai hasil belajar siswa
v Bagi siswa yang belum
mencapai KKM wajib mengikuti perbaikan, sedangkan bagi siswa yang sudah
mencapai KKM mengerjakan pengayaan.
5. Guru menginformasikan bahwa materi pelajaran minggu
depan adalah Perubahan Wujud Benda.
IV.
ALAT DAN SUMBER BAHAN
1.
Buku SAINS untuk Sekolah Dasar kelas IV
2. Buku
Sains Sahabatku untuk Sekolah Dasar Kelas IV
3.
Gambar – gambar tentang sifat-sifat benda padat,cair dan gas.
4. Gelas, sendok,
air, gula pasir, garam.kacang hijau. Kelereng
V.
PENILAIAN
1.
Teknik
a.
Penilaian Dalam Proses (pengamatan) lembar pengamatan
terlampir
b. Klasikal Post
Test
2.
Jenis Tes
a. LKS terlampir
b.
Tes Tertulis
3. Bentuk Tes
a. Pilihan Ganda
I.
Berilah tanda silang (X) pada huruf a,b,catau d pada jawaban yang paling benar!
1.
Benda di bawah ini yang merupakan benda padat adalah…
a.
kecap c.
asap
b. bensin d.
plastisin
2.
Sifat benda cair adalah…
a.
bentuk dan ukurannya tetap
b.
mengalir ke tempat rendah
c.
permukaanya miring
d.
mengisi seluruh ruangan
3. Benda padat dapat berubah bentuk
jika mendapat perlakuan tertentu seperti di benda di bawah ini, kecuali …
a.pensil
yang diraut c.batu
yang diangkat
b.
plastisin yang ditekan d.
kayu dipahat
4. Air sungai mengalir dari daerah
mata air menuju ke muara, hal ini membuktikan bahwa sifat air…
a.
menekan ke segala arah
b.
mengalir ke temapt yang lebih tinggi
c.
menempati ruang
d.permukaan
air selalu mendatar
5. Tinggi gunung selalu diukur dari
permukaan laut karena…
a.
wilayah laut sangat luas
b.laut
lebih rendah dari daratan
c.
permukaan air laut datar
d.laut
merupakan benda cair
6. Benda gas mempunyai sifat menekan
ke…
a.
arah atas c.
arah samping
b.arah
bawah d.segala
arah
7. Benda padat yang dapat larut dalam
air adalah…
a.
vetsin c.
kacang hijau
b.
kelereng d.
pasir
8. Alat yang digunakan tukang
bangunan untuk mengetahui kedatraan bangunan yaitu….
a.
waterpas c.
neraca
b.
neraca d.
pipa ulir
9.
Dalam sebuah larutan sirup,sirup merupakan….
a.
larutan c.
benda terlarut
b.
campuran d.
pelarut
10. Kelereng tidak dapat larut dalam
air karena….(kecuali)
a. mengendap di dasar air
b.
memiliki rasa
c.
tidak menghasilakan endapan
d.wujudnya
masih tampak
b. Isian singkat
II. Isilah titik-titik di bawah ini
dengan jawaban singkat dan tepat!
1. Perahu dapat mengapung di air
laut,halini memanfaatkan sifat air, yaitu air ….
2. Sifat yang dimiliki benda cair dan
gas adalah sama-sama…
3. Pasir dan kerikil termasuk benda…
4. Benda yang bisa melarutkan benda
lain adalah benda…
5. Dalam larutan gula pasir,zat
pelarutnya yaitu…
c. Uraian
III. Kerjakan soal-soal berikut dengan jelas dan benar!
1. Mengapa penerjun paying dapat
melayan-layang di udara dan turun dengan perlahan-lahan?
2. sebutkan
sifat-sifat benda padat!
3. Sebutkan3 contoh benda gas!
4. Berikan 2 contoh peristiwa kapilaritas!
5. Sebutkan cirri-ciri benda yang larut dalam air!
4.
Kunci Jawaban
I. 1.D 6.
D
2. D 7. A
3. C 8. A
4. B 9. C
5. C 10. C
II.1.
menekan ke segala arah
2.mengikuti bentuk wadahnya
3. padat
4. cair
5. air
III. 1. saat patung (parasut) mengembang,udara menekan ke atas
parasut tersebut, sehingga penerjun
dapat melayang-layang di udara dan mendarat dengan selamat.
2.
sifat benda padat : bentuk dan volumenya tetap, tidak
sipengaruhi oleh bentuk wadahnya; bentuk benda padat dapat diubah dengan
perlakuan tertentu;.
3.
ban yang dipompa, balon udara, udara yang kita
hirup,dll
4.
minyak tanah meresap pada sumbu kompor; dinding kamar
mandi yang nampak basah
5.
memiliki rasa jika dicicipi, tidak menghasilkan endapan,
wujudnya tidak tampak.
5. Pedoman Penilaian
- I. B X 1 = 10
- II. B X 2 = 10
- III. B X 4 = 20
Nilai = 10 + 10 + 20 = 40 : 4 =
10X10 = 100
VI. TINDAK LANJUT
a.
Perbaikan
Jawablah
soal di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1.
Persamaan sifat benda padat, cairdan gas yaitu
sama-sama memiliki…
2.
Benda yang bentuknya selalu tetap yaitu…
3.
sifat udara selalu mengisi….yang tersedia
4.
Sifat air mengalir dari tempat yang.........ke tempat
yang…..
5.
Air desebut sebagai benda terlarut karena….
b.
Pengayaan
Jawablah
soal di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1.
Pada segelas kopi panas terjadi perubahan wujud…
2.
Jika kapur barus digunakan,maka lama-kelamaan akan
habis.Proses ini disebut…
3.
Ketika kita memanaskan lilin terjadi perubahan wujud
yaitu…
4.
Air yang menempel di dinding luar gelas berasal dari
udara yang…
5.
Proses perubahan uap air atau benda gas menjadi cair
pada suhu di bawah titik embun disebut….
LEMBAR PENGAMATAN
Bentuk
Penilaian : Unjuk Kerja
Mata
Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kompetensi
Dasar : 6.1
Kelas /
semester : IV / 1
Hari /
Tanggal
:
NO
|
Nama
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Keberanian
|
Inisiatif
|
Kerjasama
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
Indikator
Penilaian :
5 = baik sekali
4 = baik
3 = cukup
2 = kurang
1 = kurang
sekali
Nilai = x
100
LEMBAR KERJA SISWA
Ø
Judul / Topik : Benda dapat
Melearutkan Benda Lain
Ø
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mendeskripsikan arti
larutan dan pelarut
dengan
melakukan percobaan melarutkan benda padat
dalam
benda cair
Ø
Langkah Kegiatan :
1.
Bentukklah
kelompok yang terdiri dari 3- 4 anggota.
2. Sediakan segelas air, sendok, gula
pasir,garam, kacang hijau dan kelereng.
3. Masukkan sesendok gula pasir,lalu diauk.
Amati yang terjadi. Tulis hasilnya pada tabel.
4. ulangi langkah ke-1 dan 2 dengan mengganti
gula pasir dengan garam, kacang hijau, atau kelereng. Kamu juga boleh menggantinya dengan benda
padat lain.
5. Tulis kesimpulan dari hasil percobaanmu.
6. Presentasikan hasil pengamatanmu di
depan kelas.
Ø
Hasil Kegiatan :
No.
|
Nama Benda
|
Larut dalam air
|
Tidak larut dalam
air
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
Ø
Kesimpulan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar