Senin, 12 Maret 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      : ……..
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas / Semester          : IV / 1
Materi Pokok              : Benda
Alokasi Waktu            : 4 X 35 menit ( 2 X pertemuan)

MODEL PEMBELAJARAN
v           Pembelajaran Kooperatif Learning
PENDEKATAN
v           Pendekatan kontekstual.
STRATEGI
v           Strategi pembelajaran deduktif.
METODE
v           Ceramah, diskusi, kerja kelompok, pemberian tugas

Standar Kompetensi      : 6. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda
                    serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan
     sifatnya.
Kompetensi Dasar          : 6.1 Mengidentifikasi sifat benda padat,cair dan gas.
Indikator                                    : 6.1.1 Menyebutkan sifat-sifat benda padat,cair dan gas
                                        6.1.2 Mendeskripsikan benda dapat melarutkan benda lain

I.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Siswa mampu menjelaskan dan menyimpulkan tentang sifat benda padat,cair dan gas.
2.      Siswa dapat mendeskripsikan arti larutan dan pelarut dengan melakukan percobaan melarutkan benda padat dalam benda cair.
II.      MATERI PEMBELAJARAN :
Benda dan Sifatnya
            Di lingkungan sekitar kita ada banyak sekali benda.benda-benda di alam digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu benda padat,cair dan gas. Setiap jenis benda mempunyai sifat yang dapat membedakannya dengan jenis benda lain.  Persamaan sifat benda padat,cair dan gas adalah memiliki berat. Bagaimana mengetahui bahwa benda gas memiliki berat? Nah kamu dapat mengetahuinya dengan menimbangbalon yang kempes dan balon yang mengembang. Mana yang lebih berat?
            Persamaan sifat benda padat, cair dan gas yang lain adalah menempati ruang. Artinya, semua jenis benda membutuhkan ruang. Semua benda mempunyai ukuran isi atau volume.
A.    Sifat Benda Padat
1.      Bentuk benda padat tetap, tidak mengikuti bentuk wadahnya
Kacang goreng yang ada di dalam stoples sama bentuknya dengan kacang goreng dipiring.bola di dalam keranjang tidak berubah bentuk jika diletakkan di lantai.  Demikian juga pensil,penghapus dan plastisin tidak berubah bentuk jika dimasukkan ke kotak pensil. Hal ini berarti bentuk benda padat tetap tidak mengikuti bentuk wadahnya. Benda padat tetap atau tidak berubah bentuk jika tidak ada perlakuan tertentu.
2.      Bentuk benda padat dapat diubah dengan perlakuan tertentu
Dalam hidupan sehari-hari, kamu sering menyaksikan bentuk benda padat berubah.misalnya,piring yang jatuh pecah berserakan, kertas sobek dan kacang tanah hancur setelah digerus. Jika plastisin ditekan, maka bentuk plastisin berubah.begitu pula, bentuk pensil yang kamu raut. Jadi bentuk benda padat dapat diubah jika benda padat itu mendapatkan perlakuan tertentu, misalnya ditekan, didorong, atau dipotong.
Selain sifat-sifat benda padat di atas, benda padat juga memiliki sifat-sifat lain yang dapat diamati, yaitu :
1.      benda padat ada yang keras dan berat, misalnya kayu, besi dan batu.
2.      benda padat ada yang ringan, misalnya batu apung, kapas, kain , gabus dan sebagainya.
3.      benda padat ada yang lentur,misalnya karet, per, dan kasur busa.
4.      benda padat ada yang lunak atau lembek, misalnya  plastisin, adonan  terigu, kue dodol dan lain sebagainya.
B.     Sifat Benda Cair
1.      Bentuk benda cair tidak tetap,selalu mengikuti bentuk wadahnya
Bentuk benda cair dapat berubah, misalnya bentuk minyak goreng dalambotol berubah jika dituang ke penggorengan. Demikian pula jika air dituang ke botol, ke gelas maka bentuknya seperti botol dan gelas. Hal ini berarti bentuk benda cair tidak tetap karena selalu mengikuti bentuk wadahnya.
2.      Bentuk permukaan benda cair yang tenang selalu datar
Permukaan benda tenang berbeda dengan benda cair yang bergelombang. Kamu mudah mengamati bentuk permukaan benda cair jika diamati dalam wadah tembus pandang. Terlihat bahwa walaupun wadahnya dimiringkan, permukaan benda cair yang tenang tetap datar.
3.      Benda cairmengalir ke tempat lebih rendah
Perhatikan aliran air di sekitarrumahmu,misalnya selokan,sungai atau atap rumah saat turun hujan. Air hujan jatuh ke atas rumah  mengalir dari genteng ke  talang dari situ air mengalir ke selokan dan akhirnya ke sungai. hal ini menunjukkan bahwa air mengalir dari tempat yang tinggi ke rendah
4.      Benda cair menekan ke segala arah
Air memilili tekanan, semakin dalam tekanan air pada tempat itu semakin besar. Hal itu dapat dibuktikan dengan pancaran air.pancaran air dari tempat lebih dalam tampak lebih jauh.
5.      Benda cair meresap melalui celah-celah kecil
Berbagai peristiwa meresapnya benda cair melalui celah-celah kecil terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Peristiwa ini disebut kapilaritas.misalnya minyak tanah meresap pada sumbu kompor atau sumbu lampu tempel.
C.     Sifat Benda Gas
1.      Bentuk benda gas tidak tetap
Udara merupakan benda gas yang tidak bias bisa dilihat oleh mata, padahal udara itu ada di sekitar kita. Gayung atau kosong tidak dapat dibenamkan dengan cara menelungkupke dalam air. Sesungguhnya di dalam benda-benda itu terdapat udara. Air tidak dapat mengisi seluruh ruang dalam benda karena udara menghalangi masuknya air.
2.      Benda gas menekan ke segala arah
Kamu tahu bahwa balon dan kantong plastik mengembang ke seluruh bagian jika ditiup. Hal ini menunjukkan bahwa udara menekan ke segala arah.
D.    Benda Dapat Melarutkan Benda Lain.
Benda padat yang diaduk dalam segelas air ada yang larut dan ada yang tidak larut. Benda yang dapat larut antara lain gula pasir, garam, kecap sirup dan lain-lain. Misal gula pasir dalam air membentuk larutan gula. Larutan adalah campuran dua atau lebih benda yang serba sama. Serba sama berarti dalam seluruh larutan terdiri dari bagian yang sama.saatgula benar-benar larut dalamair, kamu dapat mencicipi rasa manis di semua bagian larutan gula.jika didiamkan larutan tidak menghasilkan endapan.
Gula pasir dalam larutan gula disebutbenda terlarut yaitu benda yang dilarutkan benda lain. Air dalam larutan gula itu disebut pelarut yaitu benda yang melarutkan benda lain.
Benda yang tidak dapatlarut dalam air antara lain kelereng, pasir,batu dan lain-lain. Misalkan pasir diaduk dalam air tidak akan larut. Pasir akan mengendap di dasar air.ini berarti pasir  tidak dapat dilarutkan oleh air.

III.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Ø      Pertemuan I
A.    Kegiatan pendahuluan (10 menit)
   1.    Menyiapkan secara fisik dan psikis
v     Dinohon agar para  siswa merapikan pakaian dan tempat duduknya kembali sebelum melaksanakan pembelajaran
v  Salah satu siswa dimohon menyiapkan teman-temannya untuk diajak
     berdoa bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
v  Guru melakukan persensi siswa.
   2.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan appersepsi
v  Siswa diberikan petanyaan apersepsi mengenai sifat-sifat benda yang ditemui pada  kehidupan sehari-hari
v  Guru menjelaskan kepada siswa materi yang akan dipelajari hari ini.
B.     Kegiatan Inti (40 menit)
1.      Eksplorasi
a.       Melibatkan siswa mencari informasi tentang topik / tema secara luas
v Guru mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi sifat-sifat benda
v Siswa diminta untuk menjelaskan gambar-gambar tentang sifat-sifat benda.
b.      Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan   
sumber lain
v  Secara berkelompok, siswa diminta untuk memperhatikan gambar yang  sudah dipersiapkan oleh guru yang berkaitan dengan materi.misalnya air sungai mengalir dari hulu ke hilir.
c.      Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta  antar peserta   didik dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
v  Guru meminta setiap kelompok menyebutkan sifat-sifat benda padat,cair dan gas secara bergantian.
d.      Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
v Siswa diberikan kesempatan untuk memberikan pendapatnya terhadap materi yang didiskusikan dan mengajukan pertanyaan tentang materi yang kurang dipahami.
2.      Elaborasi
    a.    Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam
v   Siswa dapat menyimpulkan dan  menuliskan sifat-sifat benda sesuai  dengan jenisnya
    b.     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain.
v  Siswa diminta membentuk kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 anggota
v     Guru menyuruh kepada siswa untuk mengatur tempat duduknya (melingkar) sesuai dengan urutan kelompoknya.
v     Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan
c.      Memberi kesempatan berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak
v  Siswa dipersilahkan untuk berdiskusi dengan kelompoknya tentang sifat-sifat benda sesuai dengan jenisnya disertai dengan contohnya. Kemudian guru mengamati keaktifan siswa dalam kerja kelompok (lembar pengamatan terlampir).
d.         Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
v  Siswa diminta untuk selalu bekerja sama antar sesama anggota kelompok sesuai dengan tugas yang diberikan.
e.          Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat
v  Siswa diminta untuk bersifat sportif, tidak mengganggu kelompok lain    saat pengerjaan tugas.
f.           Memfasilitasi siswa menyajikan hasil kerja secara individu / kelompok
v  Setiap kelompok, siswa diminta maju ke depan kelas untuk mempresentasikan hasil kerjanya,sesuai dengan tugas yang telah diberikan.
v  Kelompok lain diminta untuk mengajukan pertanyaan , kritikan atau saran.
g.         Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi baik individu / kelompok
v  Secara kelompok siswa diminta membuat laporan kesimpulan tentang sifat-sifat benda sesuai dengan jenisnya.
h.         Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menimbulkan kebahagiaan dan percaya diri
v  Guru memberi motivasi pada siswa agar bangga dan selalu percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki.
v  Guru memberi motivasi siswa agar percaya diri untuk menyampaikan pendapatnya dalam kelompok.
3.      Konfirmasi
a.         Memberikan umpan balik dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, hadiah atas keberhasilan siswa.
v  Guru memberikan ucapan selamat kepada kelompok yang berhasil  memperoleh nilai paling tinggi dalam kegiatan diskusi kelompok lain dan memberi semangat pada kelompok lain yang nilainya belum maksimal.
b.         Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa
v  Guru dan siswa sama – sama menegaskan dan menyimpulkan tentang sifat-sifat benda padat,cair dan gas, kemudian menyebutkan contoh-contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
c.         Memfasiliatasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang dilakukan
v  Guru memberi pertanyaan kepada siswa, mengapa kelompok...hasilnya baik dan kelompok...hasilnya kurang baik. kemudian siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan penyebabnya, sehingga kelompok yang kurang baik dapat memperbaiki kekurangannya pada pembelajaran yang berikutnya.
v  Siswa diminta memberi pendapat tetntang proses pembelajaran yang telah dilakukan. Apa sajakah kekurangan dari pembelajaran tersebut sehingga guru dapat menginstrospeksi proses pembelajaran agar lebih baik lagi pada pengajaran yang berikutnya.
d.        Memfasilitasi siswa memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
v  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal – hal yang belum dipahami
v  Siswa diberi motivasi agar tidak pasif dan lebih percaya diri dalam mengungkapkan pendapatnya pada kegiatan belajar mengajar.
               C.     Kegiatan Penutup ( 20 menit )
   1.      Bersama – sama dengan siswa / sendiri membuat rangkuman
v  Guru bersama – sama dengan siswa membuat rangkuman tentang sifat-sifat benda padat,cair dan gas, kemudian menyebutkan contoh-contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
2.     Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
v  Siswa mengerjakan soal evaluasi
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
v  Guru menganalisis hasil evaluasi sebagai umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4.      Merencanakan tindak lanjut dalam kegiatan remidi, perbaikan, pengayaan, memberikan tugas individu / sesuai hasil belajar siswa
v  Bagi siswa yang belum mencapai KKM wajib mengikuti perbaikan, sedangkan bagi siswa yang sudah mencapai KKM mengerjakan pengayaan.
5. Guru menginformasikan bahwa materi pelajaran minggu depan adalah Perubahan Wujud Benda.

Ø      Pertemuan II
A.    Kegiatan pendahuluan (10 menit)
   1.    Menyiapkan secara fisik dan psikis
v     Dinohon agar para  siswa merapikan pakaian dan tempat duduknya kembali sebelum melaksanakan pembelajaran
v  Salah satu siswa dimohon menyiapkan teman-temannya untuk diajak
     berdoa bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
v  Guru melakukan persensi siswa.
   2.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan appersepsi
v  Siswa diberikan petanyaan apersepsi :
      Siapa yang pernah membuat teh manis?
v  Guru menjelaskan kepada siswa materi yang akan dipelajari hari ini adalah benda dapat melarutkan benda lain.
B.     Kegiatan Inti (40 menit)
1.      Eksplorasi
a.       Melibatkan siswa mencari informasi tentang topik / tema secara luas
v Guru menunjukkan segelas air yang berubah warnanya setelah diberi gula pasir yang diaduk-aduk, lalu guru bertanya kepada siswa “apa yang terjadi pada gula pasir? Mengapa keadaan air seperti itu?”
v Siswa diminta untuk berdiskusi dengan teman sebangku dan menjelaskan apa yang terjadi pada gula pasir.
b.      Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan   
sumber lain
v  Secara berkelompok, siswa diminta untuk melakukan percobaan berkaitan dengan materi.
c.      Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
v Siswa diberikan kesempatan untuk memberikan pendapatnya terhadap materi yang didiskusikan dan mengajukan pertanyaan tentang materi yang kurang dipahami.
2.      Elaborasi
    a.    Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam
v   Siswa dapat menulis benda apa saja yang larut dalam air dan benda apa saja yang tidak larut dalam air.
    b.     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain.
v   Siswa diminta membentuk kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 anggota
v     Guru menyuruh kepada siswa untuk mengatur tempat duduknya (melingkar) sesuai dengan urutan kelompoknya.
v     Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan(LKS terlampir)
c.      Memberi kesempatan berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak
v  Siswa dipersilahkan untuk berdiskusi dengan kelompoknya tentang benda yang larut dan tidak larut dalam air melalui percobaan. Kemudian guru mengamati keaktifan siswa dalam kerja kelompok (lembar pengamatan terlampir).
d.         Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
v  Siswa diminta untuk selalu bekerja sama antar sesama anggota kelompok sesuai dengan tugas yang diberikan.
e.          Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat
v  Siswa diminta untuk bersifat sportif, tidak mengganggu kelompok lain    saat pengerjaan tugas.
f.           Memfasilitasi siswa menyajikan hasil kerja secara individu / kelompok
v  Setiap kelompok, siswa diminta maju ke depan kelas untuk mempresentasikan hasil kerjanya,sesuai dengan tugas yang telah diberikan.
v  Kelompok lain diminta untuk mengajukan pertanyaan , kritikan atau saran.
g.         Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi baik individu / kelompok
v  Secara kelompok siswa diminta membuat laporan kesimpulan tentang arti larutan dan pelarut, serta contoh bendanya.
h.         Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menimbulkan kebahagiaan dan percaya diri
v  Guru memberi motivasi pada siswa agar bangga dan selalu percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki.
v  Guru memberi motivasi siswa agar percaya diri untuk menyampaikan pendapatnya dalam kelompok.
3.      Konfirmasi
a.         Memberikan umpan balik dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, hadiah atas keberhasilan siswa.
v  Guru memberikan ucapan selamat kepada kelompok yang berhasil  memperoleh nilai paling tinggi dalam kegiatan diskusi kelompok lain dan memberi semangat pada kelompok lain yang nilainya belum maksimal.
b.         Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa
v  Guru dan siswa sama – sama menegaskan dan menyimpulkan tentang pelarut dan larutan, kemudian menyebutkan contoh-contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
c.         Memfasiliatasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang dilakukan
v  Guru memberi pertanyaan kepada siswa, mengapa kelompok...hasilnya baik dan kelompok...hasilnya kurang baik. kemudian siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan penyebabnya, sehingga kelompok yang kurang baik dapat memperbaiki kekurangannya pada pembelajaran yang berikutnya.
v  Siswa diminta memberi pendapat tetntang proses pembelajaran yang telah dilakukan. Apa sajakah kekurangan dari pembelajaran tersebut sehingga guru dapat menginstrospeksi proses pembelajaran agar lebih baik lagi pada pengajaran yang berikutnya.
d.      Memfasilitasi siswa memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
v  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal – hal yang belum dipahami
v  Siswa diberi motivasi agar tidak pasif dan lebih percaya diri dalam mengungkapkan pendapatnya pada kegiatan belajar mengajar.
               C.     Kegiatan Penutup ( 20 menit )
   1.      Bersama – sama dengan siswa / sendiri membuat rangkuman
v  Guru bersama – sama dengan siswa membuat rangkuman tentang pelarut dan larutan, kemudian menyebutkan contoh-contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
2.     Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
v  Siswa mengerjakan soal evaluasi
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
v  Guru menganalisis hasil evaluasi sebagai umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4.      Merencanakan tindak lanjut dalam kegiatan remidi, perbaikan, pengayaan, memberikan tugas individu / sesuai hasil belajar siswa
v  Bagi siswa yang belum mencapai KKM wajib mengikuti perbaikan, sedangkan bagi siswa yang sudah mencapai KKM mengerjakan pengayaan.
5. Guru menginformasikan bahwa materi pelajaran minggu depan adalah Perubahan Wujud Benda.

IV.        ALAT DAN SUMBER BAHAN
1.      Buku SAINS untuk Sekolah Dasar kelas IV
2.       Buku Sains Sahabatku untuk Sekolah Dasar Kelas IV
3.       Gambar – gambar tentang sifat-sifat benda padat,cair dan gas.
4.   Gelas, sendok, air, gula pasir, garam.kacang hijau. Kelereng

V.    PENILAIAN
1.      Teknik
a.       Penilaian Dalam Proses (pengamatan) lembar pengamatan terlampir
b.   Klasikal Post Test
2.   Jenis Tes
      a.   LKS terlampir
b.   Tes Tertulis
3. Bentuk Tes
      a.   Pilihan Ganda
         I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a,b,catau d pada jawaban yang paling  benar!
            1. Benda di bawah ini yang merupakan benda padat adalah…
               a. kecap                                                     c. asap
                  b. bensin                                                    d. plastisin
            2. Sifat benda cair adalah…
                  a. bentuk dan ukurannya tetap
                  b. mengalir ke tempat rendah
                  c. permukaanya miring
                  d. mengisi seluruh ruangan
3. Benda padat dapat berubah bentuk jika mendapat perlakuan tertentu seperti di benda di bawah ini, kecuali …
      a.pensil yang diraut                                   c.batu yang diangkat
      b. plastisin yang ditekan                           d. kayu dipahat
4. Air sungai mengalir dari daerah mata air menuju ke muara, hal ini membuktikan bahwa sifat air…
      a. menekan ke segala arah                        
      b. mengalir ke temapt yang lebih tinggi
      c. menempati ruang
      d.permukaan air selalu mendatar
5. Tinggi gunung selalu diukur dari permukaan laut karena…
      a. wilayah laut sangat luas
      b.laut lebih rendah dari daratan
      c. permukaan air laut datar
      d.laut merupakan benda cair
6. Benda gas mempunyai sifat menekan ke…
      a. arah atas                                                            c. arah samping
      b.arah bawah                                             d.segala arah
7. Benda padat yang dapat larut dalam air adalah…
      a. vetsin                                                     c. kacang hijau
      b. kelereng                                                 d. pasir
8. Alat yang digunakan tukang bangunan untuk mengetahui kedatraan bangunan yaitu….
      a. waterpas                                                            c. neraca
      b. neraca                                                    d. pipa ulir
9.  Dalam sebuah larutan sirup,sirup merupakan….
      a. larutan                                                   c. benda terlarut
      b. campuran                                               d. pelarut
10. Kelereng tidak dapat larut dalam air karena….(kecuali)
      a.  mengendap di dasar air                       
      b. memiliki rasa    
      c. tidak menghasilakan endapan
      d.wujudnya masih tampak
b. Isian singkat
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban singkat dan tepat!
1. Perahu dapat mengapung di air laut,halini memanfaatkan sifat air, yaitu air ….
2. Sifat yang dimiliki benda cair dan gas adalah sama-sama…
3. Pasir dan kerikil termasuk benda…
4. Benda yang bisa melarutkan benda lain adalah benda…
5. Dalam larutan gula pasir,zat pelarutnya yaitu…

c. Uraian
III. Kerjakan  soal-soal berikut dengan jelas dan benar!
1. Mengapa penerjun paying dapat melayan-layang di udara dan turun dengan perlahan-lahan?
2.  sebutkan sifat-sifat benda padat!
3. Sebutkan3 contoh benda gas!
4. Berikan 2 contoh peristiwa kapilaritas!
5. Sebutkan cirri-ciri benda yang larut dalam air!

4.      Kunci Jawaban
      I. 1.D                                    6. D
         2. D                                   7. A
         3. C                                   8. A
         4. B                                   9. C
         5. C                                 10. C
      II.1. menekan ke segala arah
2.mengikuti bentuk wadahnya
3. padat
4. cair
5. air

III. 1. saat patung (parasut) mengembang,udara menekan ke atas parasut  tersebut, sehingga penerjun dapat melayang-layang di udara dan mendarat dengan selamat.
2.      sifat benda padat : bentuk dan volumenya tetap, tidak sipengaruhi oleh bentuk wadahnya; bentuk benda padat dapat diubah dengan perlakuan tertentu;.
3.      ban yang dipompa, balon udara, udara yang kita hirup,dll
4.      minyak tanah meresap pada sumbu kompor; dinding kamar mandi yang nampak basah
5.      memiliki rasa jika dicicipi, tidak menghasilkan endapan, wujudnya tidak tampak.

5.  Pedoman Penilaian
               - I.   B X 1    =  10
               - II. B X 2    =  10
               - III. B X 4   =  20
                        Nilai    = 10 + 10 + 20 = 40 : 4 = 10X10 = 100

VI.       TINDAK LANJUT
a.       Perbaikan
      Jawablah soal di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1.      Persamaan sifat benda padat, cairdan gas yaitu sama-sama memiliki…
2.      Benda yang bentuknya selalu tetap yaitu…
3.      sifat udara selalu mengisi….yang tersedia
4.      Sifat air mengalir dari tempat yang.........ke tempat yang…..
5.      Air desebut sebagai benda terlarut karena….

b.      Pengayaan
      Jawablah soal di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1.      Pada segelas kopi panas terjadi perubahan wujud…
2.      Jika kapur barus digunakan,maka lama-kelamaan akan habis.Proses ini disebut…
3.      Ketika kita memanaskan lilin terjadi perubahan wujud yaitu…
4.      Air yang menempel di dinding luar gelas berasal dari udara yang…
5.      Proses perubahan uap air atau benda gas menjadi cair pada suhu di bawah titik embun disebut….



LEMBAR PENGAMATAN
Bentuk Penilaian         : Unjuk Kerja
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kompetensi Dasar       : 6.1
Kelas / semester          : IV / 1
Hari / Tanggal             :
NO
Nama
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Keberanian
Inisiatif
Kerjasama
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






16






17






18






19






20






21






22






23






24






25






26






27






28






29






30







Indikator Penilaian :
5 = baik sekali
4 = baik
3 = cukup
2 = kurang
1 = kurang sekali

Nilai =  x 100


            LEMBAR KERJA SISWA

Ø      Judul / Topik                   : Benda dapat Melearutkan Benda Lain
Ø      Tujuan Pembelajaran    :  Siswa dapat mendeskripsikan arti larutan dan pelarut
                                             dengan melakukan percobaan melarutkan benda padat
                                             dalam benda cair
Ø      Langkah Kegiatan :
1.      Bentukklah kelompok yang terdiri dari 3- 4 anggota.
2.      Sediakan segelas air, sendok, gula pasir,garam, kacang hijau dan kelereng.
3.      Masukkan sesendok gula pasir,lalu diauk. Amati yang terjadi. Tulis hasilnya pada tabel.
4.      ulangi langkah ke-1 dan 2 dengan mengganti gula pasir dengan garam, kacang hijau, atau kelereng. Kamu juga boleh menggantinya dengan benda padat lain.
5.      Tulis kesimpulan dari hasil percobaanmu.
6.      Presentasikan hasil pengamatanmu di depan kelas.
Ø      Hasil Kegiatan :
No.
Nama Benda
Larut dalam air
Tidak larut dalam air
1



2



3



4




Ø      Kesimpulan


 








Anggota Kelompok :
1.
2
3.
4.
 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar